on Sunday, October 19, 2014
Berikut dibawah ini merupakan Ciri-Ciri Ayam Burma Asli dilihat dari beberapa aspek di antaranya ayam burma dilihat dari fisik, ayam burma dilihat dari tulangan, ayam burma dilihat gaya tarung. Secara umum, ayam birma mempunyai ciri-ciri yang khas yang tidak di miliki oleh ayam aduan lain baik itu di lihat dari segi postur tubuh, warna bulu, pukulan dan cara mematuk pun tidak sama dengan ayam aduan lainnya. Untuk mengetahui selengkapnya, kali ini saya akan mengungkapkan rahasia tentang ciri-ciri ayam burma atau birma yang asli, bagus dan berkwalitas karena sekarang ini banyak sekali beredar ayam birma yang mempunyai postur yang sama namun tudak memiliki khas atau pululan yang mematikan. Sebelum anda memilih atau untuk membedakan ayam burma asli dengan ayam burma lokal maupun hasil silangan, hendaknya anda juga harus mengetahui tentang cirri-ciri ayam burma asli atau ayam burma impor.
Ciri-Ciri Ayam Burma Asli

Ayam Burma


Banyak misteri yang terjadi pada ayam birma ini, karena berbagai tanda tanya telah berdatangan tentang ayam yang satu ini. Mengapa ayam birma asli impor mempunyai daya tahan pukul lebih baik dan mengapa ayam birma asli lokal tidak memilikinya bahkan banyak sekali penghobi ayam aduan yang meragukan ayam birma lokal untuk menjadikan ayam jagoannya pada hal ayam birma ori atau asli bisa mengatasi ayam yang berukuran satu tingkat di atasnya.

Ayam burma asli mempunyai kwalitas yang lebih baik di bandingkan dari ayam birma lokal hal itu bisa kita lihat dari akurasi pukulan dan dayatahan dalam menerima pukulan. Hati hati jika anda memilih ayam burma, karena hasil kawin silang antara ayam burma asli dengan ayam kampung mempunyai hasil yang bisa dikatakan mirip dengan ayam birma asli. Yang membedakan antar keduanya adalah gaya tarung dari ayam itu sendiri. Karena anakan dari hasil kawin silang antara aya birma dengan ayam kampung cenderung mempunyai gaya tarung atau solah lari dari lima langkah. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut dibawah ini kriteria ayam burma asli:


Tulangan

Ayam Burma Asli
Ayam birma asli memiliki tulangan yang relatif tipis dan hal itu berbeda dengan tulangan yang di miliki oleh ayam aduan lainnya seperti halnya ayam bangkok maupun saigon keduanya memiliki tulangan yang tebal dan kuat. Namun di balik tulangan yang tipis dan ringan tersebut ayam mempunyai pukulan cepat dan berakurat. Hal itu tentunya membingungkan sekali karena tulangan dalam peraduan ayam merupakan aspek terpenting yang harus dipenuhi oleh ayam seekor ayam aduan karena pertahanan, kekokohan dan ketangguhan ayam aduan terletak pada tulangan ayam yang di milikinya. Semakin tebal dan keras tulangan ayam maka ayam akan semakin kokoh dan tangguh. Tulangan ayam burma dinilai kurang memenuhi kriteria sebagai ayam petarung yang tangguh, karena mempunyai tulangan yang relatif tipis dan kurang kuat menerima pukulan kearah badan dan kepala. Walaupun tulangan ayam burma mirip dengan tulangan ayam kampung biasa namun ayam birma asli memiliki daya tahan pukul lebih baik di bandingkan dengan ayam birma lokal.

Secara umum ayam birma asli mempunyai ukuran paling besar 5 atau kurang dari 6. Ukuran ini tentunya dibawah rata-rata dari ukuran ayam bangkok namun yang sering mengejutkan kenapa ayam birma asli bisa menaklukkan ayam bangkok pada hal ayam bangkok tersebut memiliki ukuran yang lebih besar? Mungkin itulah keistimewaan ayam birma yang kecerdasannya tidak di miliki oleh ayam aduan lainnya. Selain memiliki keistimewaan pukulan dan kecerdasan dalam bertarung, ayam birma juga memiliki warna yang unik.

Ayam burma asli mempunyai warna bulu yang berfariasi seperti halnya pada ayam kampung dan tak hanya itu karena bulu rawisnya pun juga sama dengan rawis ayam kampung. Dan selain itu, ayam birma ini juga mempunyai bentuk kepala yang relatif kecil. Namun dibalik dari itu semua ayam burma ini memiliki mental dan semangat bertarung yang sangat bagus serta naluri semangat menyerang yang luar biasa.


Gaya Tarung

Ayam birma asli memiliki gaya tarung atau solah yang unik sekali bahkan dalam bertarungnya selalu berubah-ubah demi mencari keamanan. Ayam burma asli mempuyai gaya tarung dalam istilah jawa yang berarti nyawat atau mranggal dengan pukulan taji yang akurat dan tepat sekali pada sasaran. Berbeda dengan ayam burma hasil dari kawin silang baik kawi silang antara ayam burma dengan  ayam bangkok atau silangan antara ayam burma dengan saigon yang rata rata hasilnya ayam akan lahir denga type teknik dan makin berkurang dalam akurasi serangan dan pukulan. Gaya tarung ayam burma asli sangat istimewa sekali dengan teknik menghindar anti look atau anti dikunci lawan karena ayam birma asli dalam menghadapi lawan selalu ingin mejaga jarak terhadap lawan dalam pertarungan dengan melancarkan pukulan taji kearah telinga atau sekitar wajah lawan dengan tepat sekali seperti tembakan sehingga tak heran jika ayam burma asli bisa memenangkan pertarungan dalam waktu sekejap atau kurang dari satu airan dalam hitungan menit pertarungan. Dan yang menjadi cirikhas ayam burma asli adalah gaya tarung dari ayam itu sendiri yang sekarang menjadi salah satu gaya bertarung yang banyak disukai bebotoh saat ini.

Sekian dulu artikel tentang Ciri-Ciri Ayam Burma Asli. Untuk menambah pengetahuan tentang ayam aduan lainnya silakan membaca artikel sebelumnya mengenai Ciri-ciri Ayam Bangkok yang Bagus dan Berkwalitas